THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Senin, 20 April 2009

Imbas Semakin Membumbungnya Harga Minyak terhadap Hardware

Inilah kabar yang mungkin kurang diharapkan, harga minyak dunia kembali membumbung mendekati kisaran $100 dollar Amerika. Banyak lini usaha mulai terkena imbas dari kenaikan komoditas yang satu ini. Selain itu yang memprihatinkan lagi, merosotnya nilai tukar dollar sendiri tidak disertai dengan menguatnya nilai tukar rupiah.

Namun dampak lain yang perlu diwaspadai dalam dunia IT salah satunya adalah prediksi akan semakin mahal atau langkanya komponen komputer atau hardware. Karena seperti yang diketahui, untuk komponen-komponen komputer ini Indonesia masih banyak mengimpor dari luar negeri. Sementara komponen-komponen ini banyak masuk ke Indonesia melalui jalur pelayaran. Dan jalur pelayaran sendiri kini sedang dirundung masalah berkaitan dengan membumbungnya harga minya bumi. Mengapa bisa begitu? Karena harga minyak bumi sendiri memberikan andil 25% hingga 30% dalam penentuan biaya pelayaran di seluruh dunia.

Dengan tingginya biaya pelayaran ini, maka banyak bidang usaha akan mengurangi volume ekspor-nya ke luar negeri. Dan mungkin hal inilah yang akan menjadi masalah bagi distribusi hardware di Indonesia yang masih sangat bergantung pada impor dari luar negeri. Yang perlu diwaspadai adalah jika benar volume ekspor-impor dunia berkurang karena kenaikan harga minyak bumi ini, maka distribusi harware-pun akan terpengaruh. Jika barang yang tersedia sedikit sementara kita tahu bahwa pasar sedang banyak membutuhkan, maka bukan tidak mungkin harga harware atau komponen komputer juga akan meningkat. Terlebih lagi nilai rupiah terhadap dollar pun tak kunjung menguat.

0 komentar: