THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Rabu, 22 April 2009

Harga Minyak Dunia Meroket, Harus Hemat Energi


Kabar terbaru dari harga minyak dunia, telah mengalami peningkatan menjadi USD 145 per barrel dan harga barang-barang elektronik juga melejit, masyarakat sekarang ini mulai menghemat uang mereka. Hi-Mart, retailer elektronik di Korea selatan, menyatakan sebagai pembuat elektronik yang mengembangkan produk yang efisien energi, akan membuat produk semakin efektif untuk para konsumen di tengah gejolak ekonomi yang tidak stabil ini.

“Membuat produk yang ramah lingkungan telah menjadi hal yang krusial dalam bisnis. Hal ini tidak hanya berkaitan dengan produk, tetapi juga termasuk pengembangannya, juga proses manufaktur-nya.”, kata Kim Jik-soo, juru bicara LG Electronics Inc. Mulai dari mesin cuci yang menggunakan steam dengan air panas, kulkas yang menggunakan kompresor energi rendah, hingga layar computer yang hemat energi, telah membuat banyak perusahaan elektronik mulai mengembangkan produk yang efisien dan energi elektrik yang rendah daripada memikirkan brand competitor.

Kulkas, fasilitas rumah tangga ini telah menghabiskan energi sekitar 30% dari keseluruhan penggunaan power di rumah, sedangkan pada kompresor tradisional telah menggunakan 40% energi dan noise yang lebih sedikit. Dalam industri computer, penghematan energi menjadi kunci prioritas, karena selama ini gadget telah menghabiskan energi baterai yang lebih besar dan rakus. Pembuat PC dari Apple Inc dan Lenovo Group telah mengganti layar yang memiliki backlights dari lampu fluorescent katoda dingin yang kovensional (CCFL), dengan display LED (Light Emitting Diode).

Menurut Jeff Kim, analis dari Hyundai Securities, menyatakan bahwa LED lebih hemat energi sebanyak 40% dalam backlights tradisional. Bahkan, untuk tahun 2010, layar laptop juga akan meningkat menjadi panel TV. Peneliti pasar dari DisplaySearch, mengharapkan bahwa display backlight LED dapat ada di 50% notebook pada tahun 2010.

Namun, sayangnya, produk yang efisien energi ini memiliki harga yang cukup mahal karena pengembangan teknologi baru didalamnya. Sebagai contoh, mesin cuci dari Whirlpool yang dijual dengan harga berkisar USD 1.300, harga yang lebih mahal dibandingkan dengan mesin tradisional seharga USD 700. Terdapat survey yang dilakukan oleh Forrester Research Amerika, menemukan bahwa konsumen yang cinta lingkungan, akan rela untuk membayar lebih, untuk barang elektronik yang hemat energi atau datang dari lingkungan yang bersih. Menurut pihak Apple, teknologi ramah lingkungan, akan mampu menarik minat pasar jika dipasarkan dengan benar. (h_n)

0 komentar: