THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Jumat, 17 April 2009

Petrocina Bantah Gas Pengeboran Minyak Membahayakan

BOJONEGORO-Pihak PT Petrochina menyatakan akan menanggung semua biaya pengobatan korban keracunan gas di SDN Campurejo di Desa Campurejo Kecamatan Kota Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur.

"Kami akan menanggung seluruh biaya pengobatan," kata Public Relation PT Petrochina East Java, Ridwan, Rabu (3/12/2008).

Soal kejadian keracunan itu, menurut Ridwan itu adalah konsekuensi proses pengeboran. "Gas yang keluar itu tidak akan membahayakan kesehatan, karena itu bukan CO2," tambah Ridwan.

Lokasi pengeboran yang dilakukan oleh Pertamina dan PT Petrochina ini memang letaknya hanya sekitar 200 meter dari permukiman.

Peristiwa keracunan di Desa Campurejo itu bukan kali ini saja. Tercatat pada 2006 ribuan orang bahkan dievakuasi dari Desa karena keluarnya gas dari proses pengeboran itu.

Pada 2007 terjadi dua kali keracunan, dan rata-rata korbannya sampai masuk rumah sakit. Menurut warga setempat sebelum peristiwa keracunan yang menimpa siswa dan guru SD pagi tadi, pada malam harinya warga juga sudah mencium bau tak sedap namun tidak ada yang menjadi korban keracunan. Sampai hari ini peristiwa "bocornya" gas memang belum ada yang sampai menyebabkan kematian.

Pihak PT Petrochina juga mengatakan tidak dapat berbuat banyak untuk menghilangkan keluarnya gas tersebut dalam proses pengeboran.

"Tidak mungkin bau dihilangkan. Karena proses pengeluaran gas dari pengeboran pasti terjadi.Hanya yang bisa dilakukan yakni meminimalisir secara teknis," kata Public Relation PT Petrochina, Ridwan.

Sementara itu akibat peristiwa itu, kegiatan belajar dan mengajar di SD itu dihentikan. Para guru memulangkan seluruh siswanya, dan di antaranya melihat kondisi murid dan rekannya yang menjadi korban keracunan di RS Islam Pemuda Bojonegoro.

0 komentar: