THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Selasa, 21 April 2009

Minyak Dunia dan Komputer


Kenaikan harga minyak dunia yang beberapa waktu lalu menembus 140 dollar AS, kini menurut Presiden OPEC, minyak dunia akan terus meroket, mungkin sampai ke tingkat harga 150 dollar AS. Kenaikan harga minyak dunia tidak hanya berimbas pada sector bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia, namun juga pasokan listrik dari PLN, khususnya untuk wilayah Jawa Bali, yang selama ini harus bergiliran merasakan gelap gulita hampir setiap harinya.

Listrik yang harus dipakai secara bergiliran tersebut ada kalanya menyebabkan tegangan listrik yang ada di rumah menjadi tidak stabil atau naik turun. Sering kali tegangan listrik yang naik turun atau bahkan mati tiba-tiba akan berdampak kurang baik pada PC, terutama PC yang sudah lama, akan mengakibatkan rusaknya Power Supply, rusaknya hardisk, bahkan Motherboard.

Terutama harddisk, karena harddisk perlu kestabilan saat bekerja, dan apabila tiba-tiba listrik mati, maka dapat terjadi kejutan yang bisa menyebabkan tergoresnya track recording-nya. Jika hal ini sudah terjadi, maka hal selanjutnya yang dapat terjadi adalah bad sector pada harddisk. Untuk itu, harddisk dapat dicek dengan scandisk. Bad sector yang muncul pada harddisk sudah tidak bisa ditulisi file system operasi atau menyimpan data apapun, sehingga bad sector tersebut dapat mengurangi kapasitas harddisk tersebut.

Oleh karena itu, untuk menghadapi tegangan listrik yang tidak stabil, dan demi keamanan data di komputer, maka sebaiknya perlu menyediakan UPS (Uninterruptible Power Supply), yakni sebuah alat yang dapat me-maintainkomputer tetap hidup untuk beberapa waktu, sehingga masih ada kesempatan untuk mematikan komputer sesuai prosedur.

Untuk UPS yang sudah termasuk Stavolt (Stability Voltage) atau penstabil tegangan di dalamnya tidak menjadi masalah, tetapi yang tidak ada Stavolt di dalamnya maka lebih baik disediakan Stavolt tambahan sebagai stabilizer. Dengan adanya Stavolt, maka keamanan data computer tidak akan terganggu walau tegangan listrik tidak stabil sekalipun. (h_n)

persediaan energi listrik secara terus-menerus, yang dihubungkan dengan CPU (Central Processing Unit) computer, dan masih tetap dapat menyuplai energi listrik ke computer walau listrik mati sekalipun, dengan perkecualian baterai UPS masih bertahan lama. UPS atau External Battery juga berlaku sebagai pengaman data computer bila terjadi mati lampu maka

0 komentar: