THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Jumat, 12 Juni 2009

4 Negara Kaya Timteng Siapkan Mata Uang Tunggal

Negara-negara kaya, Gulf Cooperation Council mengambil sebuah langkah penting dengan pembentukan Dewan Kerjasama Moneter.

Menurut juru bicara dari kelompok negara-negara kaya tersebut, pembentukan Dewan Kerjasama Moneter itu nantinya akan berujung pada pembentukan mata uang tungga.

Kerjasama moneter itu diteken oleh Menteri Luar Negeri Bahrain, Kuwait, Qatar dan Arab Saudi dalam pertemuan yang berlangsung di Riyadh, seperti dikutip dari AFP, Senin (8/6/2009).

Menlu dari Oman dan Uni Emirat Arab (UEA) yang juga menghadiri pertemuan tidak ikut menandatangani kesepakatan. Oman sejak tahun 2007 sudah menyatakan untuk tetap independen dalam kebijakan moneternya. Sedangkan UEA keluar dari kesepakatan bulan lalu karena merasa jengkel setelah GCC memutuskan untuk menempatkan kantor pusat bank sentralnya di Riyadh.

Absennya dua negara tersebut, terutama UEA yang merupakan negara terbesar di Timteng, membayangi kesuksesan rencana itu. Namun pejabat GCC menyatakan bahwa mereka berharap ketika persiapan semakin maju, kedua negara itu bisa memutuskan untik bergabung.

Dalam pernyataan bersamanya, keempat negara GCC itu berharap kesepakatan akan segera diratifikasi oleh pada negara anggotanya pada tahun ini. Dan full persatuan atau monetary union diharapkan bisa terealisasi pada 2010.

"Target utama persatuan moneter adalah untuk menciptakan kestabilan harga," demikian pernyataan dari GCC.

Empat negara yang akan membentuk Dewan Kerjasama Moneter itu sebenarnya memiliki populasi penduduk yang kecil hanya sekitar 33 juta. Namun dengan besarnya cadangan migas dan meningkatnya sektor finansial, keempat negara tersebut bisa memiliki PDB hingga US$ 764 miliar pada tahun 2009.

0 komentar: