THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Rabu, 17 Juni 2009

Migas Melimpah Di Kutub Utara.


BADAN pemerintah Amerika Serikat, US Geological Survey, kemarin, melaporkan bahwa Kutub Utara menyimpan kandungan minyak bumi dan gas yang melimpah. USGS memperkirakan wilayah di ujung utara bumi itu mengandung sekitar 90 miliar barel minyak mentah, 1.670 triliun kaki kubik gas, dan 44 juta barel gas cair.

Sebanyak 84% sumber energi potensial tersebut terdapat di lepas pantai. Laporan USGS dipublikasikan sepekan setelah pemerintah AS mencabut larangan pengeboran minyak lepas pantai yang telah diterapkan sejak 17 tahun silam. "Sumber daya tersebut berjumlah sekitar 22% dari sumber daya yang dapat diperbarui dan belum ditemukan di muka bumi," kata USGS dalam laporannya.

Kutub Utara berada di dalam wilayah enam negara, yakni AS, Rusia, Kanada, Swedia, Norwegia, dan Greenland. Para ahli USGS mengatakan, 90 miliar barel minyak mentah tersebut berada di Alaska (AS), Cekungan Barents (Rusia), wilayah Greenland bagian timur dan barat, dan Kanada bagian timur.

Namun, ahli geologi USGS Donald Gautier menyatakan jumlah perkiraan tersebut masih belum pasti. "Daratan Alaska kini menjadi wilayah paling potensial untuk melakukan perburuan minyak di wilayah kutub itu," kata Gautier.

0 komentar: