THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Jumat, 12 Juni 2009

Wah, Daerah Penghasil Migas Tambah 'Kaya'

INILAH.COM, Jakarta - Dalam kebijakan pokok anggaran transfer ke daerah dalam 2009, pemerintah pusat mulai memberikan perhatian lebih terhadap daerah dengan meningkatkan dana alokasi dan bagi hasil.

Hal itu dikatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam pidato keterangan pemerintah tentang kebijakan pembangunan daerah di depan sidang paripurna Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di Jakarta, Jumat (22/8).

Dana alokasi umum direncanakan sebesar 26% dari penerimaan dalam negeri netto yang telah memperhitungkan subsidi BBM, subsidi listrik dan subsidi pupuk sebagai bentuk berbagi beban antara pemerintah dan daerah.

Selain itu, pemerintah juga menganggarkan tambahan porsi dana bagi hasil minyak dan gas bumi bagi daerah sebesar 0,5%, yang diarahkan untuk menambah anggaran pendidikan dasar di daerah sebagai komitmen terus menerus untuk memperbaiki kualitas SDM Indonesia, kata Kepala Negara.

Tidak hanya itu, untuk pertama kalinya dalam sejarah hubungan pemerintah pusat-daerah, pemerintah juga mengalokasikan dana bagi hasil, cukai hasil tembakau sebesar 2% dari penerimaan cukai hasil tembakau ke daerah penghasil tembakau

0 komentar: